Keindahan Pulau Bali, Mendunia dan Tidak Pernah Redup

Bus Pariwisata

Bus Pariwisata – Bali telah familiar sebagai surga dunia selama bertahun-tahun. Pamornya sebagai destinasi liburan alam dan adat istiadat dengan semua keindahannya sudah diakui oleh para traveler mancanegara.

Bali sungguh-sungguh populer di kalangan traveler dunia, jutaan pelancong datang ke Bali setiap tahunnya. Bali malah mendapatkan predikat sebagai destinasi liburan terbaik dunia di 2017 oleh web travel internasional, TripAdvisor, menurut review para traveler dunia.

Sayangnya, sekarang pariwisata Bali terguncang berakhir erupsi Gunung Agung pada Senin 27 November 2017. Sampai Senin 18 Desember 2018, Gunung Agung masih berstatus awas atau tahapan IV.

Airport Ngurah Rai sempat ditutup dan ratusan penerbangan ke Bali dibatalkan pada akhir November lalu, sebab kabut asap pekat Gunung Agung mengganggu penerbangan. Sejumlah negara malah mengeluarkan peringatan perjalanan terhadap warga negaranya supaya membatalkan perjalanan ke Bali.

Semenjak kegiatan Gunung Agung meningkat pada September lalu, jumlah pelancong yang datang ke Bali terus menurun. Jumlah pelancong mancanegara yang datang ke Bali malah mengalami penurunan drastis pada Oktober 2017 dibanding sebagian bulan sebelumnya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menceritakan, erupsi Gunung Agung berimbas pada pemasukan devisa. Diperkirakan tiap hari Rp250 miliar devisa berpotensi sirna. Sampai 31 Desember akan datang, kerugiannya malah diperkirakan dapat menempuh Rp90 triliun.

Untuk memenuhi sasaran hal yang demikian, pemerintah malah menjalankan siasat dengan menjalankan promosi besar-besaran di Kepulauan Riau (Kepri), sebagai pilihan destinasi liburan. Upaya ini mengingat Kepulauan Riau menjadi salah satu dari tiga pintu masuk utama wisman, merupakan 30 persen ke Indonesia, kecuali Bali dan Jakarta.

Kegiatan seperti itu, pengembangan pariwisata di 10 destinasi Bali baru ini memerlukan kerja keras supaya destinasi-destinasi ini menarik wisman dan familiar sampai mendunia.

Faktanya, sampai sekarang Bali masih menjadi destinasi liburan terpopuler di dunia. Aku Gunung Agung malah menjadi pesona tersendiri bagi pelancong mancanegara.

Gunung Agung sekarang sudah menjadi tujuan swafoto baru. Dengan catatan para pelancong seharusnya berada di luar area bahaya di radius 10 kilometer dari wilayah Gunung hal yang demikian. – Harga Bus Pariwisata

 

 

Related Post